Raspberry Pi atau Arduino, Mana Yang Lebih Cocok Untuk Pemula?


 Apabila anda tertarik untuk masuk dalam dunia komputer terutama pada komputer berpapan tunggal yang ukurannya hanya sebesar kartu kredit, maka anda pasti akan tersandung sebuah pertanyaan kecil. Apalagi jika anda seorang pemula, anda pasti akan bertanya tanya mana yang lebih baik. Arduino atau Raspberry? karena sekilas mereka punya penampilan yang sama.


Perbedaan Antara Raspberry Pi dengan Arduino :

Arduino adalah mikrokontroler motherboard yang bersifat open source. Bisa di bilang kalau arduino adalah komputer sederhana yang mampu mengerjakan berbagai task secara terus menerus. Untuk menggunakan nya pun terbilang cukup mudah. Anda cukup membaca petunjuk yang ada lalu anda pun sudah dapat mengubahnya dalam berbagai jenis output.

Di sisi lain, Raspbery Pi adalah komputer papan sirkuit tunggal yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Biasanya Raspberry pi berjalan pada sistem operasi linux dan mampu untuk menjalankan beberapa program sekaligus.

Sampai sini mungkin belum ada masalah ya, tapi di sini kita membandingkan papan single board 32 bit vs mikrokontroller 8 bit. Tapi kembali pada pokok bahasan, , Mana yang lebih cocok untuk pemula?

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Arduino pada umumnya di terapkan pada penggunaan-penggunaan yang relatif lebih sederhana  untuk kebutuhan yang terus menerus seperti menyalakan motor, menjalankan bot sederhana, membaca laporan suhu dll

Di sisi lain, Raspberry Pi lebih banyak dipakai untuk menjalankan aplikasi yang lebih kompleks atau rumit sama seperti komputer. Saran saya, pertimbangkan untuk mencoba Raspberry Pi jika anda ingin membuat bot yang agak kompleks, belajar hacking, mengerjakan perhitungan yang rumit yang membutuhkan kekuatan pemprosesan yang powerfull, dll.



Tips :

Coba jebarkan dulu proyek anda dalam kalimat yang sederhana. Bila anda hanya membutukan satu atau dua task atau hanya untuk hal yang sederhana saja saya menyarankan untuk menggunakan Arduino, namun apabila anda membutuhkan resource untuk task yang lebih dari 2 maka pertimbangkan untuk menggunakan Raspberry Pi

Bila anda masih bingung atau ragu untuk pilih yang mana, coba saja untuk membeli Arduino. Karena pada dasarnya Arduino di rancang untuk pemula.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Raspberry Pi atau Arduino, Mana Yang Lebih Cocok Untuk Pemula?"

Posting Komentar