Mengenal Hardisk, Fungsi, dan Jenis-Jenis Pada Hardisk!



Hardisk adalah sebuah komponen yang ada pada komputer yang bertugas untuk menyimpan data dan terdiri dari piringan magnetis. Hardisk pertama kali di temukan oleh Reynold Johnson pada tahun 1956. Pada saat itu hardisk generasi pertama memiliki ukuran 2 kaki (0,6 m), memiliki 50 piringan, memiliki kecepatan 1.200 rpm (rotation per minute), serta hanya memiliki kapasitas 4,4MB.

Fungsi dari hardisk pada komputer dapat terbilang sangat penting. Hardisk membantu kita menyimpan sistem operasi, software-software pendukung, hingga berbagai file yang sangat penting. Dari sini pasti kamu sudah bisa menebak dong jika hardisk pada komputer di lepas? yup! sudah pasti komputer tersebut tidak akan bisa booting ke sistem operasi seperti windows.



Perkembangan hardisk dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Hardisk pada saat ini cenderung berukuran kecil namun memiliki kapasitas yang besar. Namun, hardisk yang paling umum beredar di pasaran saat ini adalah hardisk 250GB sampai 1TB.

Jenis-jenis Hardisk


1. Hardisk ATA/AIDE

Hardisk ATA (Advanced Technology Attachment ) dan AIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) adalah standart baku yang digunakan suatu antarmuka berbasis koneksi bus.
Nah, disk seperti ini diciptakan agar hardisk jenis ini mampu bekerja menggunakan bus PCI. Sedikit referensi saja jika bus PCI ini sangat banyak digunakan pada PC (Personal Computer).
Salah satu keuntungan jika menggunakan hardisk tipe ini adalah dari harganya yang murah. Namun yang harus diperhatikan sekaligus menjadi titik minus adalah Hardisk ini memerlukan setidaknya dua kontroler atau lebih untuk sekedar meningkatkan performa.

2. Hardisk SCSI

Memang harus diakui jika banyak produsen berlomba-lomba untuk membuat agar barang mereka kompatibel dengan koneksi bus PCI standart. Namu hardisk SCSI juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki ATA/AIDE. Memang, hardisk jenis ini dikenal memiliki harga yang lebih mahal, namun hardisk SCSI menawarkan sensasi performa yang lebih baik dari pada ATA.

Salah satu kelebihan hardisk ini adalah ia dapat menjalankan beberapa disk drive yang aktif secara bersamaan. Hal itu dapat terjadi karena setiap disk hanya akan aktif jika drive tersebut akan digunakan untuk keperluan transfer. Contoh pemanfaatan cara kerja jenis ini adalah pada kasus adanya permintaan / request besar-besaran untuk beberapa file kecil yang terdapat pada komputer server.

3. Hardisk RAID
 
Hardisk jenis ini dikenal memiliki performa dan tenaga yang kuat dan handal dalam menyimpan berbagai file besar. Disk ini dapat bekerja dengan baik walaupun komputer 'dipaksa' untuk memacu performa tinggi. Namun belakangan ini, harga dari disk jenis ini cenderung terus menurun.  Dan mungkin akan sangat menarik jadinya jika disk jenis ini di gunakan untuk komputer personal harian. Tertarik mencoba?

4. Hardisk SATA

Hardisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah versi interface terbaru dari ATA. Salah satu kelebihan disk ini adalah disk ini hanya menggunakan dua pertiga bagian dari ATA. Selain itu, hardisk ini juga memiliki kecepatan tinggi karena ia memiliki kemampuan untuk mengurangi latensi atau delay.

Dalam transfer data, disk jenis ini akan mengurutkan data secara paralel tanpa menggunakan master atau slave, sehingga kabel SATA hanya bisa digunakan untuk satu hardisk saja.
Pada umumnya, disk jenis ini dipasang menjadi internal hardisk. Artinya disk jenis ini terpasang kuat di dalam CPU.

5. Hardisk SSD

 Seperti yang kita tau jika hardisk pada umumnya masih menggunakan beberapa komponen mekanik di dalamnya. Namun, pada hardisk SSD sudah menggunakan memori komputer atau USB Drive. Jadi hardisk jenis ini sudah tidak menggunakan komponen mekanik di dalamnya. Dan tentunya, disk jenis ini memiliki kecepatan transfer yang cepat dan harga yang lebih mahal dari pada disk jenis lainnya.

Nah, itulah pengertian hardisk, fungsi hardisk, dan jenis-jenis hardisk. Atau kamu memiliki beberapa referensi mengenai hardisk? tinggalkan pada komentar di bawah ya!

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

12 Responses to "Mengenal Hardisk, Fungsi, dan Jenis-Jenis Pada Hardisk!"

  1. Ijin copy buat tugas sekolah blogger

    BalasHapus
  2. Air drop supply go with the buggy

    BalasHapus
  3. Terima kasih, sangat bermanfaat... Terima guest post di teh dian

    BalasHapus
  4. Seperti yang kita tau jika hardisk pada umumnya masih menggunakan beberapa komponen mekanik di dalamnya. Namun, pada hardisk SSD sudah menggunakan memori komputer atau USB Drive. Jadi hardisk jenis ini sudah tidak menggunakan komponen mekanik di dalamnya. Dan tentunya, disk jenis ini memiliki kecepatan transfer yang cepat dan harga yang lebih mahal dari pada disk jenis lainnya. Bagus HDD atau SSD

    BalasHapus