Cara Mudah Melihat Spesifikasi Memory RAM Pada Windows


RAM ( Random Access Memory ) merupakan alat yang berfungsi sebagai penyimpan data / perintah sementara sebelum pada akhirnya data / perintah tersebut dieksekusi oleh processor. Karena fungsi itulah yang membuat RAM menjadi salah satu perangkat yang amat penting keberadaanya dalam komputer. Nah, kali ini kita akan mencoba untuk mengetahui spesifikasi memori pada komputer/laptop kamu dengan mudah.

data pada RAM disebut acak karena data penyimpanan yang ada pada RAM bersifat acak atau random. Semua perintah atau data yang tersimpan pada RAM yang sementara akan langsung dieksekusi oleh processor secara langsung.

Nah, untuk itu bukankah tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui spesifikasi dari RAM yang kamu miliki agar kamu juga tau sampai seberapa mana sih kemampuan komputer kamu dalam menjalankan berbagai program.

Cara Mudah Melihat Spesifikasi Memory RAM

Sebenarnya untuk dapat mengetahui spesifikasi dari RAM ini terbilang amat mudah. Syaratnya tentu saja siapkan dahulu komputer atau laptop yang akan di cek spesifikasinya.

Cara1


Setelah komputer / laptop kamu berhasil booting dalam windows, klik Start, lalu arahkan kusor ke All Programs lalu klik kanan ke Computer dan pilih Properties. Setelah itu kamu akan melihat berbagai spesifikasi dari komputer / laptop kamu dan tentu saja spesifikasi dari RAM yang kamu miliki.



Cara2


 Untuk cara kedua kamu bisa menggunakan tool yang merupakan bawaan dari windows. Caranya tekan tombol Win+R , setelah itu akan terbuka kotak Run, lalu ketik dxdiag lalu tekan OK / Enter setelahnya. Setelah itu akan ditampilkan tentang spesifikasi lengkap dari komputer / laptop kamu seperti RAM, Processor, OS, Display, dll.



Bagaimana? mudah bukan untuk mengetahui spesifikasi dari RAM kamu? Cara diatas dapat kamu lakukan pada semua jenis windows seperti windows xp, windows vista, windows 7 , windows 8, bahkan windows 10. Atau bagi kamu yang masih bingung kamu bisa bertanya dengan mengisi kotak komentar dibawah.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

1 Response to "Cara Mudah Melihat Spesifikasi Memory RAM Pada Windows"