Pengertian Ram dan Jenis-Jenis RAM pada Komputer ( Lengkap! )



RAM ( Random access memory) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dengan waktu yang tidak tetap (sementara). RAM termasuk perangkat yang penting pada komputer selain processor.

 

Cara Kerja

Pada saat komputer digunakan, setiap perintah / intruksi yang user berikan pada komputer akan di simpan dalam sebuah memory sementara oleh RAM, baru setelah itu di teruskan kepada processor untuk di eksekusi.

Nah, taukah kamu mengapa RAM disebut Random Access? yup, jawabannya karena RAM melakukan pengaksesan secara acak ( Random ).

Karena sifatnya yang sementara, dan dalam mengerjakan setiap tugas yang ada, maka user pasti akan membutuhkan apa yang namanya perangkat penyimpanan yang permanen seperti Hardisk.
Oleh sebab itu, setiap kamu mengerjakan tugas atau perintah apapun di dalam komputer kamu seperti mengetik atau mendesain, maka sebaiknya kamu harus selalu ingat untuk menyimpan hasil pekerjaanmu dalam hardisk agar tidak hilang saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ( Contoh : Mati Listrik ).

Hal tersebut juga penting agar data yang kamu kerjakan tidak hilang saat komputer di restart atau di shutdown.

 

Jenis-Jenis RAM

Nah, ternyata RAM ini juga mempunyai jenis yang beragam. Nah, berikut jenis-jenis RAM.

1.RAM



RAM pada pertama kali diciptakan oleh Robert Dennard pada tahun 1968. Setelah itu RAM mulai diproduksi secara besar-besaran mengingat permintaan pasar yang cukup tinggi pada saat itu. RAM pada generasi pertama memiliki 30 slot pin pada motherboard.

Sebuah RAM membutuhkan setidaknya  tegangan 5.0 volt dengan frekuesni 4.77 MHz, dengan waktu akses memori sekitar 200ns (1ns=9-10 detik).

2. DRAM



Jenis ram selanjutnya ada DRAM. DRAM atau (Dynamic Random Access Memory) diciptakan oleh IBM pada tahun 1970. Tidak seperti RAM generasi pertama, DRAM bekerja dengan frekuensi antara 4.77 sampai 40 MHz.

3.FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)



Nah, FPM RAM ini adalah versi pembaharuan dari DRAM. Memori jenis ini dibuat pada tahun 1987 yang bekerja dengan frekuensi 16 MHz sampai 66 MHz, dengan kecepatan akses sekitar 50 ns.

Ram jenis ini populer pada zaman komputer yang masih menggunakan processor intel 386. Namun sayangnya, RAM jenis ini kurang diminati karena sering terjadi masalah dalam menyimpan data dan kecepatan transfer.

4.EDO RAM (Exteneded-Data-Out RAM)



RAM jenis ini juga adalah versi pembaruan dari RAM versi sebelumnya. RAM ini berjalan pada frekuensi 33 sampai 66 Mhz serta memiliki 72 pin.

Pada RAM jenis ini pula mulai di gunakan fitur cache yang berguna untuk mempercepat kinerja komputer.

Percepatan yang ditawarkan RAM ini pun juga tidak main-main lho. Kecepatannya bisa sampai 40 sampai 50 kali lebih cepat dari Versi RAM pendahulunya. Penggunaanya pun juga dapat kamu temui pada komputer dengan processor intel 486.

5.SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)



Selanjutnya adalah SD RAM. Ram jenis ini termasuk ram yang bertahan paling lama diantara pendahulunya. Ram ini pertama diperkenalka pada tahun 1996 dan masih eksis hingga tahun 2001.
Untuk penggunaan, RAM jenis ini dapat kamu temui pada komputer intel pentium I, pentium II, pentium III, bahkan ada juga pentium IV yang masih menggunakan RAM jenis ini.

6.RD RAM (Rambus Dynamic RAM)



Selanjutnya ada RD Ram. Ram jenis ini dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Rumbus yang mampu berjalan dengan daya FSB 800/1066, konsumsi daya 2.5 volt, serta memiliki 184 pin di bawahnya.

7.DDR RAM (Double Data Rate RAM)



Yang terakhir adalah DDR Ram yang keberadaanya masih eksis hingga saat ini. Ram jenis ini memiliki clock FSB 266/333/400 MHz dengan daya 2.5 volt serta terdapat 184 pin dibawahnya. Penggunaan jenis ini umumnya adalah komputer pentium IV keatas.

Taukah kamu mengapa ram ini disebut Double Data Rate? itu karena ram ini mampu mempercepat kinerjanya hingga 2 kali kecepatan SD RAM. Hal ini bisa terjadi karena DDR RAM mampu mengakses data sampai 2bit dari pada SDRAM.

DDR RAM sendiri juga terus mengalami perubahan sering perkembangan teknologi. Seperti munculnya jenis DDR, DDRII, DDRIII, DDRIV sampai DDRV.


Nah, itulah Pengertian RAM, Cara Kerja RAM, dan Jenis-Jenis RAM  pada Komputer. Atau kamu masih ada yang bingung? silahkan ajukan pertanyaan lewat komentar dibawah yaa!

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

7 Responses to "Pengertian Ram dan Jenis-Jenis RAM pada Komputer ( Lengkap! )"

  1. siip mantap ,
    kunjungi :http//blog.binadarma.ac.id/ilmanzuhriyadi/

    BalasHapus
  2. Terima kasih Gan, atas penjelasannya tentang Pengertian RAM dan Jenis -jenisnya. Sekarang saya sudah tahu selain DDR2 dan DDR3 ternyata masih banyak jenis - jenis RAM lainnya seperti FPM RAM dan EDO RAM. Terima kasih banyak.

    Numpang Share blog ya Gan. Maaf sebelumnya jika ada waktu kunjungi blog sederhana saya di :
    https://ahmadsi2b.blogspot.co.id/

    dan kunjungi pula :
    http://www.atmaluhur.ac.id/


    BalasHapus
  3. Terima kasih Gan, atas penjelasannya tentang Pengertian RAM dan Jenis -jenisnya. Sekarang saya sudah tahu selain DDR2 dan DDR3 ternyata masih banyak jenis - jenis RAM lainnya seperti FPM RAM dan EDO RAM. Terima kasih banyak.

    Numpang Share blog ya Gan. Maaf sebelumnya jika ada waktu kunjungi blog sederhana saya di :
    https://ahmadsi2b.blogspot.co.id/

    dan kunjungi pula :
    http://www.atmaluhur.ac.id/


    BalasHapus
  4. ijin copas ya gan, saya buat tugas. makasih banyak sudah sharing power supply hp

    BalasHapus
  5. informasinya bagus bang, terima kasih ya sudah ngasi tahu perbedaan dan jenis ram komputer.

    siapa tau suatu saat RAM KOMPUTER RUSAK jadi tau deh mau milih yang bagaimana :)

    BalasHapus
  6. oh ia, kalau siapa tau suatu saat perlu bilamana ram komputer rusak

    BalasHapus
  7. Wah terima kasih atas informasi websitenya sehingga kami memahami tentang RAM, jadi makin yakin beli RAM.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk makin yakin pakai RAM

    https://bangamingadget.com/informasi/

    nuhun

    BalasHapus