Mengenal BIOS, Fungsi, dan Jenis-jenis BIOS






Pernahkah kamu mendengar kata BIOS? bagi para teknisi atau orang yang terbiasa mengotak atik komputer pastinya sudah paham dong apa yang dimaksud BIOS. BIOS ( Basic Input Output System ) adalah sebuah software yang digunakan untuk mengelola Operating System (OS) dan Hardware.


Pada saat komputer pertama kali dinyalakan, biasanya BIOS akan melakukan checking terhadap hardware yang terpasang pada komputer kamu yang disebut POST. Penggunaan BIOS sendiri sebenarnya tersimpan dalam sebuah memori yang disebut ROM atau ada pula yang menyebutnya CMOS.

CMOS sendiri berbentuk seperti sebuah baterai kecil yang terletak di dalam motherboard. CMOS akan menyimpan segala konfigurasi BIOS seperti tanggal dan waktu, setting boot device, informasi perangkat, dll.

Fungsi dari BIOS

Seperti yang di jelaskan diatas, BIOS memiliki fungsi untuk memberikan instruksi utama pada OS dan hardware pada saat komputer pertama kali di hidupkan, proses ini dinamakan dengan POST ( Power On Self Test ) yaitu sebuah proses untuk menganalisa dan mengidentifikasi perangkat keras yang terpasang seperti hardisk, processor, ram, mouse, atau perangkat keras lainnnya.

Cara Kerja BIOS

BIOS akan menyala dengan sendirinya pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Pada saat proses startup, BIOS akan memeriksa dan menganalisa keadaan hardware serta memastikannya agar siap menjalankan sebuah operasi sistem.

Jenis-Jenis BIOS

Beberapa jenis dari BIOS yang cukup dikenal adalah Award BIOS, Award Software, Acer Labs,  Phoenix BIOS,  LSI Logic dll.

Vendor produsen BIOS

Sementara beberapa jenis vendor yang memproduksi BIOS yang cukup terkenal di pasaran adalah Award BIOS, Phoenix dan AMI Bios.

Cara Masuk BIOS Mode

 

Nah, untuk dapat masuk ke menu BIOS ini caranya cukup mudah, yaitu bisa dengan menekan tombol delete, F2, F3 atau F8 (sesuai dengan komputer kamu masing-masing) pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Nah, itulah pengertian BIOS, Fungsi BIOS, dan Jenis-jenis BIOS. Atau dari sini masih ada beberapa informasi yang kurang? cacingtekno sangat terbuka dengan kritik atau saran. Kamu bisa mengisi komentar di bawah atau lewat email juga bisa.




Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

1 Response to "Mengenal BIOS, Fungsi, dan Jenis-jenis BIOS"