Inilah Alasan Mengapa Jam di Komputer Selalu Menyala!



Sedikit share aja nih kawan, awal mula aku mengenal komputer adalah pada saat aku kelas 2 SMP. Waktu itu aku masih gaptek. Yang membuatku heran adalah pada saat aku mulai menghidupkan sebuah komputer lama di lab. komputer  yang kelihatannya sudah tidak digunakan berbulan-bulan (terlihat dari adanya sarang laba-laba -_-). Setelah PC itu booting lalu aku melirik tanggal di layar yang menunjukkan tanggal yang sesuai. Padahal PC itu tidak digunakan berbulan-bulan apalagi terkoneksi internet. Tapi kok bisa ya tetap menampilkan tanggal dan waktu yang sesuai.

Nah karena penasaran, aku pun mulai bertanya pada mbah google dan menemukan jika di dalam motherboard ada sebuah chip semikonduktor yang berfungsi untuk menjaga catatan waktu saat komputer tidak terhubung dengan listrik.



Chip itu bernama Real-time Clock (RTC) atau ada juga yang bilang CMOS ( Complementary Metal-oxide Semiconductor). CMOS adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif tanpa adanya aliran listrik, chip ini menggunakan listrik bertekanan rendah sehingga mempunyai masa hidup sampai 5-10 tahun. Pada komputer desktop, chip ini mirip sama logam koin perak 500 an.

 

Cara Kerja

Pada saat komputer dihidupkan, Power Supply akan menyuplai arus listrik ke dalam motherboard terutama CMOS untuk melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap komponen yang disebut POST.

Salah satu pemeriksaan itu adalah pemeriksaan pada kondisi RAM. Namun seringkali kita mengabaikannya karena tentu ingin booting terasa lebih cepat ( quickboot ). Sedikit tips jika kamu mengistal RAM baru pada motherboard kamu, sebaiknya periksa dulu kondisinya dengan fitur ini, baru setelah itu kamu bisa menonaktifkannya.

Sebenarnya di dalamnya ada banyak pengaturan yang bisa kamu sesuaikan, namun bagi yang baru pertama sebaiknya hati-hati karena semua pengaturan yang di sini amat vital. Salah-salah bukannya performa yang meningkat tapi malah komputer kamu gak mau nyala. Haduhh.

Nah, untuk bisa masuk ke pengaturan ini pun terbilang cukup mudah, yakni dengan menekan tombol delete, F2 atau F3 pada saat komputer pertama kali di hidupkan (booting). Bila sudah selesai, jangan lupa untuk menekan F10 untuk menyimpan perubahan.

Nah, itulah pengertian CMOS, fungsi, dan cara kerjanya. Jangan lupa untuk meninggalkan komentarmu di bawah ya..


Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Inilah Alasan Mengapa Jam di Komputer Selalu Menyala! "

Posting Komentar