1 Juta Akun Google Terinfeksi Googligan. Begini cara menghindarinya!



Sebuah malware baru kini dilaporkan telah berhasil menginfeksi setidaknya 1 juta akun google. Malware ini bekerja melalui aplikasi palsu yang diunduh melalui market pihak ketiga.

Biasanya, sebuah malware hanya akan mencuri satu atau dua informasi atau bahkan akan melakukan sesuatu pada perangkat yang kamu miliki. Namun berbeda dengan googligan, malware ini mampu mengumpulkan informasi dari 13.000 perangkat setiap harinya.



Dilansir dari Android Headlines, target utama dari malware ini adalah pengguna android versi lawas hingga versi 5 (Lollipop). Itu artinya android dengan versi 6 (Marsmallow) mungkin akan sedikit lega. Malware ini sendiri kini sudah tersebar di berbagai belahan dunia, terutama di pasar yang memiliki perangkat dengan spesifikasi android yang rendah yang menjalankan versi android lawas.

Tips Menghindari Malware Googligan agar perangkat dan akun google kamu tetap aman

 

  1. Hindari mendownload aplikasi dari pihak ketiga. Selain itu kamu juga bisa checking di perangkat kamu apakah ada aplikasi yang terlihat mencurigakan atau tidak. Jika ada, segera uninstal aplikasi tersebut.
  2. Jika memungkinkan, kamu bisa menginstal anti-malware untuk pencegahan.
  3. Cek pada akun google kamu apakah sudah disusupi atau tidak.

 

Namun, bagi kamu yang sudah terlanjur terinfeksi bisa melakukan beberapa tips ini

 

  1. Format ulang android kamu. Kamu bisa melakukan format sendiri atau melalui teknisi terpercaya di galery smartphone terdekat.
  2. Kemudian segera ubah password akun google.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "1 Juta Akun Google Terinfeksi Googligan. Begini cara menghindarinya!"

Posting Komentar