Mengenal Keyboard Dan Jenis-Jenis Keyboard Dan Fungsinya

 


Keyboard adalah suatu alat/perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai berbagai tombol dimana tombol-tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Atau bisa juga disingkat keyboard adalah alat input data yang berupa huruf, angka, ataupun simbol.

Umumnya, keyboard menggunakan port PS2 atau menggunakan USB. Namun, seiring perkembangan zaman, kini mulai banyak juga orang yang menggunakan port Wireless.

Fungsi

Pada komputer, keyboard adalah salah satu media untuk input data yang penting. Yaitu untuk mengirimkan sinyal berupa huruf, angka, atau simbol kepada CPU (Central Processing Unit) untuk menjadi sinyal digital yang mudah dimengerti oleh Processor.
 

Jenis-jenis keyboard

Dari sekian banyak jenis keyboard, kalian pasti juga setuju jika jenis keyboard yang paling populer adalah QWERTY. Namun, taukah kamu jika ternyata jenis keyboard itu sangat bervariasi jenis-jenisnya?

1. Keyboard QWERTY



Kalau keyboard jenis ini saya rasa banyak orang juga sudah tau. Coba deh perhatiin keyboard yang ada pada komputer, laptop, atau bahkan gadget/smartphone kamu pasti menggunakan keyboard jenis ini.

Keyboard ini diciptakan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878. Pada saat itu, QWERTY masih menjadi standar mesin tik komersial. Namun saat ini, jenis keyboard ini adalah jenis yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Keyboard ini didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna menekan tombol dengan mudah tanpa mengalami kemacetan. Namun meski demikian, nyatanya desain keyboard ini masih terdapat kelemahan. Yakni penempatan huruf yang paling banyak digunakan 'a' yang harus ditekan dengan menggunakan jari yang paling lemah yaitu jari kelingking.

 2. Keyboard DVORAK




Keyboard jenis ini dirancang sedemikian rupa agar pengguna cenderung menggunakan tangan kanan dari pada tangan kiri untuk mengetik. Namun, menurut sebuah survey menunjukkan jika desain dari DVORAK dirancang untuk dapat mengurangi rasa kelelahan dalam mengetik. Itu artinya, desain Dvorak lebih efisien 10-15 persen daripada desain QWERTY .

 3.Keyboard KLOCKENBERG




Keyboard ini dirancang untuk menyempurnakan desain sebelumnya, yaitu dengan memisahkan keyboard menjadi dua bagian yakni bagian kanan dan bagian kiri.

Bagian kiri dan kanan dari keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta di buat agak miring kebawah. Selain itu, keyboard ini mempunyai tombol yang dekat dengan meja dengan tujuan mengurangi beban dari otot tangan serta bahu. Namun dari segi desain sendiri, keyboard ini malah terlihat lebih memakan ruang.

4. Keyboard Maltron



Bentuk dari keyboard ini sendiri terbilang sangat unik. Keyboard ini di desain dengan tombol yang melengkung kedalam agar jari pengguna tidak dalam posisi membentuk satu garis yang lurus.

Keyboard inipun diklaim dapat memberikan sensasi nyaman bagi pengguna serta menjamin pengguna tidak akan mengalami RSI (Repetitive Stress Injuries). Selain itu, dengan menggunakan keyboard ini para pengguna dapat mengetik lebih cepat karena penggunaan tombol yang telah dioptimalkan dengan baik.

5. Keyboard Chord



Keyboard ini juga gak kalah unik lho dari jenis lainnya. Salah satunya adalah keyboard ini hanya memiliki 4 - 5 tombol saja. Maka kamu harus menekan beberapa tombol secara bersamaan untuk dapat mengetik suatu huruf/angka.

Jika dilihat dari segi ukuran mungkin Chord bisa dibilang efisien dan dapat digunakan untuk aplikasi portabel. Dari segi kecepatan memang harus diakui karena memiliki kecepatan yang tinggi. Hanya saja, penggunaan Chord masih kalah populer dari jenis lainnya.

6. Keyboard Alphabetic




Sepintas, keyboard jenis ini terlihat seperti QWERTY atau DVORAK jika diperhatikan. Hanya saja, tata letak dari tombol keyboard ini disusun secara alfabetis.
Keyboard jenis ini lebih sering dijumpai pada mainan anak kecil dengan tujuan untuk mengenalkan mereka pada huruf dan angka.

Dalam sebuah percobaan menyimpulkan, menggunakan keyboard ini ternyata malah memperlambat kemampuan mengetik dari pengguna.

7. Keyboard Numeric



Jenis ini sendiri diciptakan berdasarkan permintaan atau kebutuhan dari para pengguna yang menginginkan tombol angka untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Biasanya, keyboard ini sering digunakan untuk memasukkan angka dengan nominal besar karena penggunaanya yang lebih mudah dari jenis lainnya.

Nah, itulah pengertian, fungsi, dan jenis dari keyboard. Atau kamu tau ada keyboard jenis lainnya? silahkan berkomentar..


Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

2 Responses to "Mengenal Keyboard Dan Jenis-Jenis Keyboard Dan Fungsinya"

  1. Kalau keyboard jenis ini saya rasa banyak orang juga sudah tau. Coba deh perhatiin keyboard yang ada pada komputer, laptop, atau bahkan gadget/smartphone kamu pasti menggunakan keyboard jenis ini.

    Keyboard ini diciptakan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878. Pada saat itu, QWERTY masih menjadi standar mesin tik komersial. Namun saat ini, jenis keyboard ini adalah jenis yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

    Keyboard ini didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna menekan tombol dengan mudah tanpa mengalami kemacetan. Namun meski demikian, nyatanya desain keyboard ini masih terdapat kelemahan. Yakni penempatan huruf yang paling banyak digunakan 'a' yang harus ditekan dengan menggunakan jari yang paling lemah yaitu jari kelingking Cara agar whatsapp tidak terlihat online.

    BalasHapus