Cara Mudah Reset BIOS Pada Komputer/Laptop Kamu





Seperti yang kita tau bahwa BIOS memiliki fungsi sebagai penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak. Namun pernahkah kamu mengalami beberapa problem pada BIOS kamu yang memaksamu untuk mereset BIOS? Pasti pernah ya. Nah, kali ini kita akan mengulas sedikit tentang bagaimana cara mereset BIOS pada komputer/laptop kamu.

Biasanya, BIOS akan mengalami gangguan ketika saat ia fail dalam melakukan update atau yang paling sering kita alami yaitu BIOS dalam keadaan ter-password sehingga kita tidak bisa mengakses BIOS tersebut.

Nah, karena gangguan itupula tak jarang BIOS akan menunjukkan pesan error pada saat kamu mencoba booting pada komputer kamu seperti pesan “Hardware Not Recognize” bahkan bisa juga mengakibatkan gagal dijalankannya sistem operasi.

Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya dengan melakukan tindakan reset pada BIOS. Caranya :

1.Matikan dahulu komputer/laptop kamu dan pastikan pula kamu sudah melepas kabel / colokan power agar tidak ada lagi arus listrik yang mengalir ke motherboard.

2. Kemudian tunggu beberapa saat hingga arus pada motherboard benar-benar habis. Nah untuk mempersingkat waktu, kamu bisa menekan tombol power dan tahan beberapa saat.

3. Kemudian buka casing CPU kamu lalu cari pin jumper (biasanya terdapat tulisan CLR MOS pada Motherboard). Letak pin jumper sendiri biasanya berdekatan dengan baterai CMOS. Nah pin jumper ini memiliki 2 hingga 3 pin. Jika pada pin jumper kamu adalah jenis pin button (tombol). Maka kamu dapat cukup dengan menekan tombol itu untuk melakukan reset.

Letak Pin Jumper
4. Pada komputer jenis sekarang ini biasanya memiliki 3 pin.  Nah untuk mempermudah kamu dalam merestart, sediakan obeng kemudian hubungkan obeng tersebut pada satu pin ke pin lainnya, dan juga sebaliknya. Tujuannya agar semua program pengaturan yang tersimpan pada CMOS dapat direset ke pengaturan default / pengaturan pabrik.

Setelah itu pasang kembali casing CPU kamu seperti semula dan coba hidupkan komputer kamu. Selesai!! Seharusnya kini BIOS pada komputer kamu sudah dalam kondisi reset.

Namun, apabila cara diatas tidak berhasil maka kamu dapat mencoba untuk mengeluarkan baterai CMOS kemudian biarkan beberapa menit. Lalu pasang kembali baterai CMOS tersebut pada motherboard.

Nah itulah cara mudah mereset BIOS pada komputer / laptop kamu. Memang sih saat ini belum ada ( saya belum menemukan ) cara mereset BIOS tanpa harus membongkar CPU. Namun apabila kamu mengetahui cara seperti itu kamu bisa bagikan pada komentar dibawah.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

4 Responses to "Cara Mudah Reset BIOS Pada Komputer/Laptop Kamu"