Perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Shutdown, Sleep dan Hybernate?




Sebagai pengguna komputer, kamu pasti sudah tidak asing dengan berbagai mode managemen power seperti Shutdown, Sleep, dan Hybernate. Dan bagi beberapa pengguna advanced pasti juga pernah mendengar ada tambahan lagi yaitu Hybrid Sleep dan belakangan ini juga muncul sebuah mode baru yang dinamakan Fast Startup. Meskipun memiliki nama yang berbeda-beda, namun semua managemen power ini diciptakan untuk tujuan yang sama, yaitu mengurangi sebanyak mungkin daya pada komputer kamu pada saat kamu tidak menggunakannya.

Lalu dari sini pasti banyak pengguna mulai bingung dan bertanya-tanya.

Apa perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Shutdown, Sleep dan Hybernate?


Shutdown

Yaitu sebuah proses dimana power supply akan menghentikan pasokan sumber daya menuju komputer sehingga komputer akan benar-benar mati. Dan tentunya, semua Service dan App akan dinonaktifkan sebelum proses shutdown. Jadi pada saat kamu akan menghidupkannya nanti maka kamu akan menemui komputer kamu akan men-load kondisi dengan default-setting.


Sleep

Berbeda dengan shutdown,pada mode sleep power supply akan tetap memasok energi ke dalam komputer (kecuali pada RAM) sehingga meskipun komputer terlihat mati, namun sebenarnya dia masih hidup dan dalam kondisi standby. Dan pada saat dinyalakan kembali, semua service dan app akan dikembalikan seperti saat sebelum masuk mode sleep. Namun salah satu kekurangan mode ini adalah mode ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali seperti semua (pada saat menyala).


Hibernate

Pada proses ini, semua sumber daya akan dipotong dari komputer. Lalu apa bedanya dengan shutdown? Pada mode hibernate, semua pekerjaan yang ada di aplikasi (misal ms.word) akan disimpan terlebih dahulu pada hardisk sebelum system benar-benar dimatikan. Kemudian system akan dikembalikan seperti semula pada saat komputer dinyalakan. Namun kekurangan dari mode ini adalah mode ini membutuhkan lebih banyak waktu pada saat komputer kembali dinyalakan kembali.


Hybrid Sleep

Hybridsleep adalah kombinasi/gabungan dari mode Hybernate dan Sleep. Sama seperti Hibernate, semua sistem akan disimpan terlebih dahulu pada hardisk kemudian komputer akan memasuki mode sleep. Namun kekurangan dari mode ini adalah mode ini membutuhkan  konsumsi banyak sumber daya pada saat komputer kembali dinyalakan kembali.


Fast Startup

Mode ini merupakan mode paling terbaru dan muncul bersamaan dengan diluncurkannya windows10. Mode ini adalah gabungan dari proses Hibernate dan shutdown. Sama seperti hibernate, pada mode ini semua service dan app akan disimpan pada hardisk terlebih dahulu kemudian komputer akan menghentikan semua 3rd-party apps memasuki mode sleep (hanya aplikasi system yang penting yang tetap menyala). Dengan begini, komputer akan jauh lebih cepat pada saat komputer kembali dinyalakan dari pada mode lainnya.

Nah, itulah perbedaan dari perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Shutdown, Sleep dan Hybernate. Atau jika kamu mempunyai informasi tambahan, silahkan komentar di bawah ya..

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Shutdown, Sleep dan Hybernate?"

Posting Komentar