Cara Melihat Apakah Ada yang Login di Windows Tanpa 3rd-party



Setiap kita login pada perangkat entah itu komputer/laptop dengan OS Windows pasti sering dihadapkan dengan memilih user lalu meminta password. Ya, mungkin dengan membuat beberapa user dengan membatasi hak akses tidak akan menimbulkan dampak yang destruktif. Tapi gimana kalo ada atau terjadi kesalahan system logging dan ada orang lain yang mengakses windows kita tanpa izin?

Nah, sebenarnya kita dapat mengetahuinya dengan aplikasi bawaan yang memang sudah ada di dalam windows tanpa harus menginstal third party. Aplikasi ini dapat memberikan rincian mengenai system error logging, warnings, dan informational events. Sayangnya, masih tidak banyak orang tau tentang fitur ini.

Sebenarnya cara ini juga bukan cara baru juga sih, kog bisa?

Setiap kali pengguna/user windows melakukan akses dengan membuka program, Secara otomatis windows akan mencatat semua aktivitasnya melalui sebuah Event Log. Nah, log ini sendiri berisi berbagai informasi seperti hardware glitch, driver issue, security changes, system access, dll. Intinya setiap tindakan akan direkam dalam sebuah database yang berbentuk file text sederhana.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menunjukkan apakah ada seseorang yang diam-diam Login di Windows Kamu tanpa izin.

Cara membuka Event Viewer di Windows

Bagi pengguna windows 7 dan windows 8.1, kamu dapat membuka event viewer dengan cara klik start lalu buka Control Panel. Lalu klik pada opsi System and Security lalu klik Administration tools, lalu klik pada Event Viewer.

Nah, bagi kamu yang menggunakan windows 10 bisa menggunakan cara yang lebih praktis yaitu dengan memakai search box atau bisa juga menggunakan key Windows+X+V.

Atau kamu jika kamu agak kesulitan dengan cara diatas kamu bisa menggunakan Run. Caranya klik Windows+R maka akan terbuka jendela RUN. Setelah itu ketik eventvwr lalu tekan enter.

Gimana caranya melihat Apakah ada seseorang yang login tanpa permission?

Pertama, setelah jendela Event Viewer terbuka maka arahkan kusor ke Windows Logs > System. Opsi ini akan menampilkan daftar tentang aplikasi apa saja yang sedang berjalan.



Nah, untuk mengetahui apakah ada log login yang masuk di windows, maka kamu perlu menyortir beberapa bagian dari daftar tadi. Caranya Klik Filter Current Log, lalu pastikan Event Log menunjukkan System. Pastikan pula tercantum <All Users> pada kolom user.



Sama seperti screenshot diatas, silahkan kamu ketik 6005 dan 6006 yang akan menyortir Tanggal dan kolom.



Setelah itu kamu akan di tampilkan waktu dan tabel start-up dan shut-down. Oh iya hampir lupa, 6005 itu artinya waktu saat event log service sedang start-up dan 6006 artinya waktu saat event log sedang di matikan (seperti waktu saat shut-down).

Kamu juga bisa menerapkan option ini setiap waktu jika kamu mau. Untuk mengembalikannya seperti semula kamu hanya perlu menghapus 6005 dan 6006 tadi lalu tekan Ok.

Apakah tutorial Cara Melihat Apakah Ada yang Login di Windows Tanpa 3rd-party bermanfaat? Jangan lupa untuk komentar ya..



Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Cara Melihat Apakah Ada yang Login di Windows Tanpa 3rd-party"

Posting Komentar