Apa Itu VPN ? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)


VPN ( Virtual Private Network ) adalah sebuah jaringan privaci dalam internet dimana setiap perangkat yang terhubung dapat terhubung ke internet dapat memiliki koneksi tanpa gangguan. Dengan kata lain, dengan menggunakan VPN kamu dapat terhubung dalam sebuah jaringan secara anonim.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja dari VPN sebenarnya sangat sederhana, meskipun kamu perlu untuk mengetahui dahulu  tentang protokol atau serangkaian aturan yang digunakan oleh VPN dalam menyediakan jaringan pribadi yang aman. Sebelum itu, mari kita cari tahu dasar-dasarnya terlebih dahulu :

SSL (Secured Socket Layer): merupakan sebuah metode 3-way handshake  untuk memastikan otentikasi yang tepat antara mesin klien dan server. Proses otentikasi didasarkan pada kriptografi di mana sertifikat berlaku sebagai kriptografi-key yang sudah tersimpan dalam klien dan server, proses ini digunakan untuk memulai koneksi.

IPSec (IP Security): Protokol ini dapat bekerja pada mode transportasi atau mode tunneling, sehingga dapat melakukan tugasnya yaitu mengamankan koneksi VPN. Perbedaan antara keduanya adalah, mode transportasi hanya mengenkripsi Payload dalam data yaitu hanya saat pesan terdapat dalam data, sedangkan mode tunneling mengenkripsi seluruh data yang akan dikirimkan.

PPTP (Point-To-Titik Transfer Protocol): berfungsi untuk menghubungkan pengguna yang berlokasi di beberapa tempat yang terpisah dari server pribadi di jaringan VPN, dan juga menggunakan mode tunneling untuk operasinya. Biaya perawatan yang rendah dan kerja yang sederhana membuat protokol VPN lebih banyak digemari.

L2TP (Layer Dua Tunnelling Protocol): berfungsi untuk memfasilitasi tunneling dari data antara dua lokasi geografis melalui jaringan VPN, L2TP sering digunakan dalam kombinasi dengan protokol IPSec untuk menambah lapisan keamanan komunikasi agar lebih baik.

Dari sini, jika kamu sudah memiliki gambaran kasar tentang berbagai protokol yang digunakan dalam VPN. Mari kita cari tau lebih lanjut mengenai cara kerjanya.

Ketika kamu sedang terhubung ke sebuah jaringan publik seperti internet, kamu dapat berasumsi bahwa semua data kamu akan mengalir melalui terowongan besar bersama dengan data pengguna lain.

Jadi, siapa pun yang ingin memata-matai Anda, maka ia dapat dengan mudah melihat paket data kamu dari jaringan tersebut. Namun ketika kamu sedang menggunakan VPN, maka paket data yang kamu kirim akan melalui sebuah terowongan pribadi di dalam sebuah terowongan yang besar. Dan semua data kamu akan diubah menjadi garbage values, sehingga tidak ada yang bisa mengenali/mengidentifikasi paket data tersebut.

Setting Koneksi VPN dalam Tiga Fase:

Otentikasi: Pada fase ini, paket data yang pertama akan dikemas, pada dasarnya paket tersebut akan dibungkus dalam paket lain dan beberapa header dan beberapa hal lainnya, semua dilakukan untuk menyembunyikan identitas dari paket data. Setelah itu, perangkat kamu akan memulai koneksi dengan mengirimkan permintaan Hello ke server VPN, yang mana ia akan menjawab dengan balasan dan meminta kredensial untuk mengklarifikasi keaslian pengguna.

Tunneling:  Setelah tahap otentikasi selesai, seperti yang kita bahas tadi, sebuah terowongan imajiner dibuat untuk menyediakan titik langsung ke titik koneksi melalui internet. Lalu, kamu dapat mengirim data apa pun yang kamu ingin melalui terowongan tersebut.

Enkripsi:
Setelah kita berhasil membuat terowongan, kita dapat mengirim informasi apapun yang kita mau, tapi informasi yang kita kirim masih belum benar-benar aman jika kita terhubung ke layanan gratis VPN, dimana VPN tersebut juga digunakan oleh orang lain. Jadi, kita mengenkripsi paket data sebelum mengirimnya kedalam terowongan, sehingga ada pembatasan pengguna lain yang berusaha “mengintip” dalam paket kita, karena ia hanya akan melihat beberapa data sampah yang mengalir melalui terowongan tersebut.

Masih bingung ya? Oke, mari kita ringkas sedikit.
Sebut saja, kamu ingin mengakses sebuah situs web, maka perangkat kamu akan mengirim permintaan akses ke server VPN yang kemudian ia akan meneruskan permintaan tersebut ke situs web yang kamu tuju dan menerima data dari situs itu. Data ini kemudian akan ditransfer kembali ke perangkat kamu. Kemudian website akan berpikir, server VPN adalah seorang pengguna dan akan menemukan jejak perangkat Anda sebagai pengguna yang sebenarnya.

Penggunaan VPN:


Remote User Access: yaitu sebuah sambungan VPN yang digunakan untuk menyediakan akses langsung dari jaringan perusahaan ke pengguna yang tidak dalam jangkauan geografis jaringan perusahaan. Logikanya, pengguna remote terhubung seperti user biasa yang menggunakan jaringan dalam lokasi perusahaan tersebut.

Site to Site: Digunakan untuk menyediakan lingkungan jaringan homogen untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki lokasi kantor di berbagai belahan dunia. Dengan demikian, kita dapat menciptakan sebuah jaringan yang saling terhubung tanpa khawatir mengenai letak geografis.

Kegunaan lain adalah untuk mengakses layanan-layanan di internet yang tidak tersedia di negara atau wilayah tertentu, mengakses konten yang disensor (Seperti internet positif misalnya) atau jika pengguna tersebut hanya ingin tetap anonim di dalam internet.

Pro dan kontra:


Keuntungan terbesar menggunakan VPN adalah efektivitas biaya dalam menyediakan jaringan pribadi dibandingkan dengan menggunakan leased line yang dapat membuat kantong kering. Dan juga, semua data yang kita kirim ke internet akan “terlindungi” dari berbagai ancaman cyber.

Terlepas dari semua hal yang ditawarkan VPN, ia memiliki kelemahan juga. Salah satunya adalah VPN tidak memiliki prosedur efisien untuk menjamin Quality of Service (QoS) dalam internet. Selain itu, tingkat keamanan dan keaslian data yang kita kirim sudah berada di luar lingkup teknologi VPN.  Dan juga vendor yang berbeda dapat memperburuk kualitas VPN (tergantung vendornya).

layanan populer VPN:


HideMyAss, PureVPN, VyprVPN
, terkenal dengan QoS serta kualitas keamanan yang mereka sediakan pada sambungan VPN mereka.

Kamu juga dapat menggunakan Ghost Cyber, Surf Easy, Tunnel Bear jika kamu tidak ingin keluar biaya hanya untuk menggunakan VPN. Namun kamu juga harus puas dengan fiturnya yang terbatas seperti batasan download, atau iklan. Dan tentunya layanan berbayar memiliki fitur yang jauh lebih banyak dari pada fitur gratis.

VPN pada Android:



Kamu juga dapat men-setup koneksi VPN pada smartphone kamu yang berjalan pada OS Android. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengakses sambungan jaringan pribadi melalui smartphone kamu. VPN juga memfasilitasi administrator jaringan untuk mengontrol perangkat yang kamu gunakan, juga menambah atau menghapus data dan melacak penggunaan jaringan.

Kesimpulan :

Sejauh ini, VPN  telah menjadi salah satu primadona bagi mereka yang mendambakan anonimitas bagi para penggunanya. Banyak perusahaan besar yang berlomba-lomba untuk dapat menyediakan VPN berkualitas dengan harga yang terjangkau. Meskipun memiliki keterbatasan, Namun ia telah melampaui harapan sebagian besar orang untuk berselancar di internet secara anonim dengan harga murah.

Menulis adalah kebiasaan yang baik, jika kamu berfikir secara kreatif dan menulis beberapa hal yang baik, saya rasa kebiasaan tersebut dapat membuatmu terdengar lebih cerdas di antara teman-teman kamu. Jadi, tunggu apa lagi, gunakan keyboard kamu untuk mengetik tanggapan kamu pada kotak komentar dibawah ini.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

4 Responses to "Apa Itu VPN ? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)"