Inilah Project Microsoft Open Source Terbaik Yang Harus Kamu Tau!




Microsoft, salah satu raksasa teknologi ini dahulu di kenal sangat tertutup (bahkan terkesan "Ogah") dengan apa yang namanya open source kini perlahan-lahan mulai membuka diri pada project Open Source.
Open source sendiri adalah suatu sistem software yang bisa di gunakan oleh siapa saja untuk memakainya tanpa adanya batasan lisensi. Nah ternyata Microsoft yang lebih dikenal sebagai produsen OS Windows ( Close Source ) ternyata punya beberapa project open source yang mesti dilirik lho. Satu hal yang pasti yaitu kini Microsoft perlahan mulai membuka langkah baru dalam berkontribusi dalam dunia open souce. Berikut Inilah Project Microsoft Open Source Terbaik Yang Harus Kamu Tau!

1. Visual Studio Code

 
pict : blogs.msdn.microsoft.com


Visual Studio Code atau biasa di singkat VSCode adalah sebuah aplikasi editor code besutan Microsoft yang belum lama ini baru rilis. Meski masih dalam tahap "Uji Coba", namun kamu sudah bisa mendownloadnya di situs resminya di visualstudio.com atau di repositori https://github.com/Microsoft/vscode. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang mempunyai skill web programming terutama pengguna ASP.NET dan Node.js. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung bahasa pemprograman lain seperi HTML, CSS, Less, Sass, dan JSON.

2. Net Core Libraries, Runtime, dan Roslyn.

 
Pict : blogs.msdn.microsoft.com


Sekedar informasi, .Net adalah salah satu acuan atau bahan dasar untuk membuat/mengembangkan aplikasi terutama aplikasi berbasis Windows. Kabarnya, kini .NET secara resmi telah di umumkan oleh Microsoft sebagai salah satu project open source dan bahkan bersifat cross platform ( dapat digunakan pada sistem operasi lain seperti Linux, Mac, dll ).

3. TypeScript

 
Pict : http://www.acodemics.co.uk


TypeScript  adalah bahasa pemprograman berbasis JavaSript dengan fitur pemprograman dengan fitur khas javascript seperti class, module, dan interface yang di ciptakan untuk mempermudah para programmer untuk mengembangkan aplikasi yang lebih kompleks (yang sulit di kerjakan hanya dengan javascript) dengan mudah.

4. RxJS

Pict : githubusercontent.com


RxJS adalah adalah salah satu library JavaScript yang menyediakan dukungan untuk stream data asynchronous dan aplikasi. RxJS diciptakan untuk membantu membangun dari aplikasi web.

5. ChakraCore

Pict : http://www.viva64.com


ChakraCore adalah engine yang di gunakan untuk mengeksekusi JavaScript sekaligus adalah kode utama dari peramban Microsoft Edge. Meskipun demikian, ChakraCore juga di gunakan dalam membangun Xbox, Windows Phone dan tablet.

6. BashOnWindows

 
Pict : http://www.omgubuntu.co.uk


Umumnya Bash itu kental banget dengan linux. Tapi baru-baru ini Microsoft meluncurkan sebuah project baru bernama BashOnWindows. Dengan BashOnWindows, kamu kini dapat menjalankan software linux pada sistem Windows. Meskipun project ini masih ada beberapa bug, namun Microsoft berupaya untuk menyempurnakannya.

Itulah Project Microsoft Open Source Terbaik yang harus kamu tau, yah meskipun kebanyakan dari project mereka ditargetkan untuk para pengembang aplikasi, tapi gak ada salahnya kan untuk referensi.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Inilah Project Microsoft Open Source Terbaik Yang Harus Kamu Tau!"

Posting Komentar