3 Cara Mudah Mempercepat Booting Windows 7



Bagi kamu yang sehari-hari selalu bersama komputer tentunya ingin kan jika proses booting kamu berjalan cepat. Nah kebetulan kali ini kita akan membahas cara mudah untuk mempercepat booting windows.


Atur Program&Sevice pada saat startup

 


Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan disable program aplikasi yang berjalan saat startup. caranya cukup mudah, yakni tekan tombol Start+R lalu ketik msconfig dan tekan enter. Lalu tekan pada menu boot . Jika sudah kamu dapat menghilangkan centang pada aplikasi yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Note : Hati-hati dalam menghilangkan centang karena dapat berakibat pada driver. Hindari disable pada aplikasi berlabel Brand Komputer, Nama Processor, Microsoft, atau Driver

Disable Driver yang Tidak Digunakan

 


Nah, driver ternyata juga mempengaruhi kecepatan booting lho. Semakin banyak kamu menginstal driver maka semakin berkurang kecepatanmu. Nah solusinya kamu dapat disable driver tersebut. Caranya dengan klik Start > ketikkan device manager > klik kanan pada driver yang ingin kamu nonaktifkan > disable

Disable Service yang Tidak Digunakan

 


Selain kedua hal diatas, ternyata ada satu lagi hal yang dapat "menghambat" kecepatan booting yaitu service. Nah caranya buka kotak run > lalu ketik services.msc dan enter . Jika sudah pilih service yang berjalan otomatis lalu klik 2x untuk membuka option properties. Bila sudah terbuka maka pada menu startup type ubah menjadi Automatic (Delayed Start) lalu klik Ok.

Note : Lakukan hanya untuk service pihak ke3 saja bila tidak ingin terjadi hal yang tidak di inginkan.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

1 Response to "3 Cara Mudah Mempercepat Booting Windows 7"