Waspada! Malware Baru Ini Mampu Mengubah Headphones Menjadi Microphone!



Di dunia digital terdapat banyak cara hacker untuk dapat meretas sistem kamu, salah satu cara yang paling populer adalah dengan cara memasukkan malware untuk akses kamera dan sensor microphone kamu.

Banyak orang termasuk Mark Zuckerberg dan Direktur FBI bahkan merasa aman untuk menutup webcam dan mic mereka dengan selotip. Bahkan banyak pakar yang mengklaim hal itu adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah pengintaian pada Zuckerberg.

Memang sih hal ini dapat berguna untuk sementara waktu tetapi tidak akan cukup efektif dalam jangka panjang. Tapi perlu diingat pula seiring berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula soal virus. Bahkan kini attacker sekarang dapat menggunakan headphone untuk merekam suara.

Memang benar jika earphone/headphone tidak mempunyai komponen yang dapat merekam suara seperti microphone. Tapi jangan salah, saat ini telah muncul malware baru bernama SPEAKER(a)R. Malware ini dikembangkan oleh para peneliti Israel di Ben Gurion University. Uniknya, malware ini di gadang mampu mengubah speaker menjadi microphone. Heh? Apa mungkin?

Beberapa hacker bahkan telah menunjukkan tentang bagaimana sistem kerja tentang bagaimana mengkonversi earphone ke speaker. Dalam videonya, mereka bahkan benar-benar menggunakan jack output audio pada laptop sebagai jack input.

Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk membuktikan jika berbagai perangkat di dunia ini juga rentan akan hal semacam ini. Ide awal penelitian ini bermula dari ditemukannya fakta yang mengejutkan jika earphone memiliki cara kerja yang hampir sama dengan microphone, yakni dengan mengubah getaran pada suara menjadi sinyal elektromagnetik.

Malware ini pun pada dasarnya menggunakan codec yang terdapat pada chip Realtek yang mampu mengubah sinyal output menjadi sinya input pada sebuah perangkat. Singkatnya, malware ini dapat merekam setiap suara yang ada di sekitarnya hanya dengan earphone yang terhubung dengan port jack audio, bahkan jika perangkat kamu tidak memiliki microphone.

Mengingat bahwa chip Realtek sendiri sangat banyak di gunakan bahkan di Indonesia. Malware ini sendiri bahkan di klaim mampu berjalan di sistem operasi Windows dan MacOS. Nah, penasaran tentang cara kerjanya? silahkan simak video berikut ini.


Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Waspada! Malware Baru Ini Mampu Mengubah Headphones Menjadi Microphone!"

Posting Komentar