7 Alasan Jika Root Android Itu Penting



Sejak awal, project Android yang di garap Google ini bersifat open source. Artinya, kamu dapat menginstal berbagai macam aplikasi dari berbagai sumber dan kamu bebas bisa membuat aplikasi android kamu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mendapat hak akses khusus untuk sistem android kamu dengan melakukan root. Meskipun jika melakukan root dapat menghilangkan garansi smartphone kamu.

Nah setelah mengetahui alasan sederhana diatas , Cacing Tekno udah merangkum 7 alasan jika root itu penting.

1. Akses untuk menghapus aplikasi bawaan



Aplikasi bawaan adalah aplikasi yang sengaja di instal oleh vendor pada smartphone kamu. Nah jika terlalu banyak aplikasi bawaan, efeknya adalah jatah memory kamu akan berkurang dengan ukuran yang semestinya. Dengan melakukan root, kamu dapat meng-uninstal aplikasi tersebut dengan mudah dan memory smartphone kamu akan sedikit lebih lega.
 
2. Untuk Backup / Restore Semua Aplikasi



Salah satu cara untuk menjaga performa smartphone kamu adalah dengan melakukan factory reset. Jika kamu mereset smartphone kamu otomatis semua aplikasi beserta datanya akan hilang. Kan ribet kalau instal semua satu persatu. Untuk itu akan lebih mudah membackup dan restore aplikasi pakai Titanium Backup. Nah, untuk menggunakan Titanium Backup maka kamu perlu akses root.

3. Untuk memasang Custom Recovery



Sebenarnya setiap smartphone sudah di bekali Recovery bawaan oleh vendornya masing-masing. Namun, fitur yang di tawarkan Recovery bawaan tersebut adalah sangat terbatas. Agar kamu bisa mengkontrol smartphone kamu dengan fitur lebih maka kamu perlu menginstal custom Recovery seperti TWRP, Phillz Recovery, CWM, dll. Untuk melakukannya maka kamu perlu juga akses root.

4. Pasang Custom Rom



Custom Rom adalah sebuah pilihan yang tepat bagi kamu yang mudah bosan dengan tampilan android kamu yang itu-itu aja. Dengan custom rom, kamu dapat mengubah tampilan bahkan sistem operasi menjadi merk / tipe android lain. Caranya kamu hanya perlu menginstalnya melalui Custom Recovery.

5. Melakukan Kontrol CPU dan Kernel



Dengan melakukan root, kamu dapat 'memaksa' CPU smartphone kamu bekerja di luar batas yang di tetapkan vendor. Lalu apa untungnya? kauntungannya adalah kamu dapat membuat smartphone kamu jadi lebih cepat & powerfull dari biasanya.

6. Menghindari Wakelock



Wakelock adalah sebuah kondisi dimana aplikasi akan berjalan secara terus menerus tanpa berhenti. Dampaknya, RAM kamu akan bekerja lebih keras untuk dapat memproses data. Selain itu Wakelock juga dapat mengakibatkan smartphone kamu lebih boros baterai.

7. Editing Build.prof



Salah satu cara meningkatkan performa smartphone kamu adalah dengan melakukan editing pada Build.prof yang terletak di /system/build.prop . Untuk melakukannya maka kamu perlu sebuah aplikasi direktori root seperti root explorer. Dalam Build.prop , kamu dapat melakukan tweak memory, baterai dsb untuk membuat performa smartphone kamu menjadi maksimal.

Itulah 7 alasan jika root itu penting, sebenarnya melakukan root itu juga penting. Meskipun dapat menghilangkan garansi, namun kamu tidak perlu takut untuk melakukan root. Toh kamu juga bisa melakukan un-root dengan mudah.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "7 Alasan Jika Root Android Itu Penting"

Posting Komentar