7 Perintah Command Promp Yang Wajib Kamu Tau



Aplikasi Command Promp adalah aplikasi bawaan yang bisa kamu jumpai pada sistem operasi windows. Aplikasi ini berbasis text yang mirip lah sama terminal di linux, beda nya tentu saja terletak pada perintah perintahnya.

Ternyata tool ini sangat bermanfaat lho jika kamu mengerti bahkan sedikit mengerti banyak tentang command promp. Dari sekian banyak perintah, CT udah rangkum nih 7 perintah command promp yang wajib kamu tau.

1. ipconfig



ini adalah perintah paling dasar dari command promp , yup .. ip config digunakan untuk mengecek data jaringan yang sedang kamu gunakan. Diantaranya ipaddress, macadress dsb.

2. ipconfig /flushdns



Perintah ini digunakan untuk membersihkan DNS Cache, jadi, jika kamu sedang mengganti DNS namun tidak ada efeknya maka kemungkinan windows masih menggunakan cache lama untuk sistem windows kamu. Solusinya dengan perintah ipconfig /flushdns untuk mendapat DNS yang baru.

3. ping , tracert



perintah ini digunakan untuk memeriksa jaringan / ipaddress dari suatu perangkat. Contoh nya jika kamu ingin memerikas koneksi kamu maka ketik saja ping facebook.com . Jika koneksi kamu lancar maka akan muncul reply pada command promp, jika yang muncul request time out maka kamu perlu cek lagi koneksi internetmu.

sementara tracert digunakan untuk cek ip atau alamat yang akan kamu tuju, bedanya jika tracert akan menampilkan secara detail.



4. netstat -an



perintah netstat - sering di gunakan untuk mengecek jaringan statistik, diantara banyaknya variasi netstat, yang paling sering digunakan adalah netstat -an. Jika kamu memasukkan perintah netstat -an, maka seluruh jaringan yang terbuka pada komputer kamu akan ditampilkan.

5. shutdown



kamu juga bisa melakukan shutdown komputer kamu dari command promp atau kamu dapat membuat shortcut untuk shutdown dengan command promp. Dengan begitu kamu dapat shutdown lebih cepat di bandingkan menggunakan start.

Shut down: shutdown /s /t 0
Restart: shutdown /r /t 0
Restart ke Startup Option: shutdown /r /o

 
6. sfc /scannow



perintah ini sebenarnya termasuk perintah tool system file checker. perintah ini berfunngsi untuk memeriksa dan memperbaiki file corrupt di windows kamu. untuk menggunakannya cukup ketik sfc /scannow lalu tekan enter.


7. powercfg -energy




perintah ini khusus buat kamu pemakai laptop dengan OS windows,perintah ini digunakan untuk mendeteksi aplikasi apa yang menyebabkan baterai kamu boros dan cepat habis.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "7 Perintah Command Promp Yang Wajib Kamu Tau"

Posting Komentar