Cara Aman Mengakses Deep Web atau Dark Net yang Baik dan Benar!


Bagi yang sering bermain dengan linux pasti sudah agak familiar dengan apa yang namanya Deep Web atau Dark Net. Namun bagi yang belum tahu, Deep Web atau Dark Net adalah kumpulan direktory atau situs yang umumnya tidak dapat dijangkau mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Itulah sebabnya kamu tidak akan bisa mengakses Deep Web melalui Google.

Tidak seperti Surface yang ada dipermukaan yang biasa menggunakan domain berekstensi .com , .net, .co.id, dsb. Namun pada deep web umumnya menggunakan domain berisi huruf dan angka yang diacak dan berekstensi .onion (contoh : zqktlwi4fecvo6ri.onion).

Nah, sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa terhubung ke deep web atau dark net.

Cara mengakses Deep Web atau Dark Net

Seperti yang sudah kita bahas diatas, deep web merupakan bagian dari internet. Namun taukah kamu seberapa besar internet yang sering kamu masuki itu? Internet yang biasa kita kenal ( seperti google, facebook, kaskus, bing, yahoo, twitter, dll ) nyatanya hanya 4% dari internet itu sendiri. Sementara 96% sisanya merupakan bagian dari deep web atau dark net.


Deep web atau dark net sendiri umumnya berisi direktory-direktory dari sebuah situs seperti situs pemerintahan, situs pendidikan, bahkan hingga situs perdagangan. Namun karena sifatnya yang terlalu terbuka maka tidak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk situs perjudian, obat-obatan terlarang, jual beli senjata ilegal, forum pedofil, perdagangan manusia, hingga jasa pembunuhan ( saya belum pernah menemui kalau yang satu ini).

Di dalam deepweb atau darknet sendiri ada banyak sekali user-user yang lalu lalang dalam trafic jaringan bawah ini, seperti wartawan, buronan, hacker, hingga agensi pemerintah seperti FBI.

Kembali pada point cara mengakses Deep web atau Dark Net, dari sekian banyaknya cara untuk memasuki deepweb atau darknet. Cara yang paling umum yang bisa kita lakukan adalah dengan terhubung melalui jaringan TOR. TOR ( The Onion Router) pada awalnya digunakan untuk komunikasi cepat militer yang digunakan untuk mengenkripsi pesan sehingga tidak bisa untuk di sadap.

Sebenarnya kamu sendiri dapat menginstal TOR pada sistem operasi windows, linux , hingga mac. Namun salah satu hal yang harus kamu waspadai adalah sistem operasi windows lebih rawan terkena malware dari pada sistem operasi linux, namun bukan berarti jika kamu menggunakan linux kamu bisa terbebas dari malware. Karena di dunia ini tidak ada sistem yang benar-benar aman.

Hal lain yang mesti kamu waspadai adalah data-data informasi publik yang tersimpan pada komputer kamu seperti cache dan cookie. Nah, salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengakses deep web dengan meminimalisir ancaman adalah dengan menggunakan Tail Os Linux.  TAIL ( The Amnesic Incognito Live System ) merupakan salah satu distribusi linux yang berfokus pada privacy dan keamanan dari penggunanya. Jadi jangan heran jika kamu tidak bisa menyimpan log log aktivitas pada komputer kamu saat menggunakan Tails.

Caranya sendiri amat mudah, kamu hanya perlu booting ke Tail’s Os. Kamu bisa melakukannya pada virtual box atau bisa juga langsung booting ke komputer kamu melalui flasdisk.

Jika sudah maka secara otomatis segala jaringan yang terhubung melalui pc kamu akan dialihkan menuju jaringan TOR. Tidak perlu khawatir, asal kita tidak berbuat yang aneh-aneh kita tidak akan di datangi densus / FBI.

Kamu dapat mendownload Tails pada situs resminya di https://tails.boum.org/install/download/

Jika sudah tersambung, kamu bisa browsing menggunakan Ice Weasel atau mozzilla atau browser apapun. Nah, karena google tidak bisa menjangkau deep web. Kamu bisa menjelajah melalui situs-situs dibawah ini.




Nama Situs
Alamat Situs
Deskripsi
DuckDuckGo
3g2upl4pq6kufc4m.onion
Adalah situs pencari seperti Google.
0day Forum
qzbkwswfv5k2oj5d.onion
Adalah situs forum terpercaya dalam deep web atau dark net
Hidden Wiki
zqktlwi4fecvo6ri.onion
Merupakan situs kumpulan informasi seperti wikipedia.
Jabber
cryjabkbdljzohnp.onion
Merupakan situs chatting mirip jejaring sosial dalam deep web atau darknet


Nah, itulah cara mengakses  Cara mengakses Deep Web atau Dark Net. Apakah kamu menemukan hal yang menarik dalam artikel ini? Jangan lupa bagikan pandangan kamu pada kotak komentar dibawah ini!

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

2 Responses to "Cara Aman Mengakses Deep Web atau Dark Net yang Baik dan Benar!"