Ini Alasan Mengapa Ada 2 Folder Program Files Dalam Windows 64Bit



Pada tahun 2005, Microsoft meluncurkan versi produk baru, yaitu 32-bit dan 64-bit dari sistem operasi Windows. Hal ini dilakukan untuk mendukung CPU 64-bit baru. CPU 64-bit memiliki kemampuan untuk bekerja dengan jumlah besar dan mengakses lebih banyak memori.

Jika kamu menjalankan sistem Windows operasi  berbasis 64-bit, kamu mungkin akan mendapati jika pc kamu memiliki dua folder Program Files. Salah satunya adalah Program Files dan yang lainnya adalah Program Files (x86). Tapi, apa perlu? Lalu apa perbedaan antara dua folder ini?

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita harus memahami dahulu bahwa aplikasi 64-bit memiliki susunan yang berbeda dengan 32-bit. Salah satu perbedaan yang menonjol adalah program dengan instruksi 64-bit tidak dapat dibaca oleh PC dengan CPU 32-bit, sementara program 32-bit dapat dibaca oleh CPU 64-bit.

Mengapa Windows memiliki Program Files (x86) di folder yang terpisah ?

Setiap kali kamu menginstal program apapun itu di komputer dengan CPU 64-bit,  maka program tersebut akan terinstal di dalam folder aplikasi 64-bit. Namun, ketika program 32-bit digunakan untuk mencoba aplikasi 64-bit, mungkin kamu akan menghadapi beberapa masalah.

Jadi, Windows memisahkan direktori dari program 64-bit dan 32-bit. Program Files (x86) adalah folder untuk menyimpan program 32-bit. x86 sendiri hanya mendukung untuk jenis prosesor - 286, 386, 486, 586 (Pentium).

Alasan lain adalah perangkat 64-bit sangat tidak kompatibel dengan ekstensi 32-bit, dan sebaliknya. Dimana kemungkinan keduanya akan terjadi konflik jika kamu secara kebetulan menginstal kedua versi 64-bit dan 32-bit dari sebuah program pada sistem yang sama.

Terakhir, memiliki dua folder terpisah Program Files berguna untuk memastikan bahwa aplikasi 32-bit tidak akan terjadi konflik dengan sistem 64-bit.  Memisahkan kedua jenis aplikasi akan menghilangkan kemungkinan aplikasi 32-bit mencoba untuk memuat DLL 64-bit, gagal, dan memberikan pesan error (kesalahan).

Terlepas dari Program Files, ada beberapa komponen Windows lainnya yang memiliki salinan 32-bit dan 64-bit. Beberapa diantaranya disimpan dalam winsxs (singkatan jendela berdampingan) dan syswow64 (Windows 32 pada Windows 64).

Apakah kamu menemukan hal yang menarik dari artikel mengapa Windows memiliki 2 File Folder? Jangan lupa untuk berbagi pandangan kamu dan berikan masukan.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

1 Response to "Ini Alasan Mengapa Ada 2 Folder Program Files Dalam Windows 64Bit"

  1. Kak jadi di local disc e saya ada folder progam file x(86) itu boleh dihapus gak ya, saoleh di local disc c saya sudah ada

    BalasHapus