Cara Memasang Driver Kali Linux di Virtual Box Menggunakan Guest Addition VirtualBox Agar Bisa Fullscreen



Dalam virtualbox, seringkali OS yang sudah berhasil kamu instal ke dalam virtualbox seringkali masih menggunakan driver bawaan sehingga terkesan sangat kurang efisien. Nah untuk itu kita perlu driver dari virtualbox itu sendiri untuk dapat meningkatkan kinerja OS tersebut.

Setelah sebelumnya kita berhasil menginstal kali linux pada virtualbox. Kali ini kita akan belajar mengenai cara menginstall driver tersebut pada OS kali linux. Caranya pun sangat mudah.

Cara Memasang Driver Kali Linux di Virtual Box Menggunakan Guest Addition VirtualBox

1. Pertama-tama buka dahulu Kali Linux pada VirtualBox kamu. Setelah itu klik devices > Install Guest Addition.




Kemudian akan muncul peringatan untuk instalasi seperti dibawah ini. Setelah itu tekan RUN untuk memulai instalasi.




2. Namun karena pada virtualbox saya mengalami gagal karena tidak run sebagai root, maka kita akan menginstalnya dengan menggunakan terminal. Caranya login sebagai root lalu buka terminal. Setelah itu ketik cd /media/cdrom0/ lalu tekan enter.



NB: Jika tidak bisa coba perintah : cd /media/cdrom0

3. Setelah berhasil masuk pada direktori cdrom0 kamu bisa memastikan apakah file installer sudah ada dengan menggunakan perintah ls . Apabila muncul seperti dibawah ini maka selanjutnya kita akan eksekusi program installer tersebut dengan perintah sh VBoxLinuxAdditions.run lalu tekan enter.



4. Setelah itu tunggu dan biarkan beberapa saat hingga proses instalasi selesai.



5. Berikutnya kita perlu merestart Kali Linux. Kamu bebas merestart dengan cara apapun. Disini saya merestart dengan perintah reboot




6.  Tunggu hingga booting. Kemudian kamu bisa mengeluarkan CD Guest Addition tersebut dengan cara klik kanan pada gambar bulat di pojok kanan bawah, setelah itu tekan keluarkan disk.



7. Sekarang driver sudah terpasang pada kali linux.



Untuk memastikannya kamu bisa coba Minimize atau Maximize pada Kali Linux VirtualBox kamu. Bila berhasil, maka tampilan kali linux akan mengikuti size Minimize atau Maximize tersebut (apakah dapat fullscreen atau tidak).



Nah itulah Cara Memasang Driver Kali Linux di Virtual Box Menggunakan Guest Addition VirtualBox. Kamu bisa juga bertanya mengenai instalasi Guest Addition ini dalam komentar bila masih ada yang kurang jelas.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Cara Memasang Driver Kali Linux di Virtual Box Menggunakan Guest Addition VirtualBox Agar Bisa Fullscreen"

Posting Komentar