Apa itu file DLL? Mengenal File DLL lebih dalam



Bagi kamu pengguna windows, pasti sering kan mendapat notifikasi error saat menjalankan beberapa aplikasi / software. Notifikasi yang dimaksud di sini adalah 'DLL file is missing'. Nah untuk itu mari kita kenalan dengan apa yang namanya file DLL ini.
Sebenarnya DLL itu makanan apa sih? gimana cara kerjanya? apa fungsinya?

Pengenalan DLL

DLL adalah singkatan dari Dynamic-Link Library. DLL adalah file library windows, yang berisi 'arahan' untuk program lain dalam melakukan sesuatu. DLL memungkinkan program lain untuk berbagi file tunggal dan dapat menjalankan tugasnya secara bersamaan. File DLL sendiri diciptakan untuk dapat mengurangi beban para developer untuk membuat beberapa salinan dari file yang isinya sama. Umumnya file DLL berisi resources seperti classes, functions, variables, UIs, dan juga icons, images, files dsb.

Pada semua jenis sistem operasi, terdapat dua jenis library, yaitu static libraries (.lib) and dynamic libraries (.dll). Static libraries terkait dengan file executable pada waktu kompilasi, yang terkait perpustakaan dinamis tidak terkait sampai run-time. Sementara dynamic libraries bersifat 'stand-alone' yang dapat diperbarui tanpa mengubah file EXE itu sendiri.
 

Fungsi DLL

Ketika sebuah file EXE dijalankan, sistem operasi Windows akan menemukan tabel data yang tercantum padanya, termasuk daftar fungsi dari beberapa file DLL. Setelah itu, kode loader akan mencari file DLL tertentu. Di dalam file DLL, ada daftar lain yang bernama export-list, yang akan menghubungkan masing-masing fungsi file DLL menggunakan alamat tertentu.
Seperti yang disebutin diatas, file DLL membantu mengurangi duplikasi kode yang tersimpan pada disk. Hal ini dapat meningkatkan kinerja program yang berjalan di foreground dan background. Hal ini juga membantu dalam membangun aplikasi modular besar yang membutuhkan banyak program atau versi bahasa untuk arsitektur modular.

Mengatasi DLL Error

Karena jumlah frekuensi yang besar, file DLL dapat mengalami error dan bisa saya katakan kalau hal itu sangat wajar. Lalu apa yang harus di lakukan? mungkin cara terbaik yang terfikir adalah dengan mencari file dll yang hilang itu di internet lalu memasangnya kembali.Iya kan?
Karena file DLL sering digunakan banyak program, serta terletak di C:\Windows\System32 atau C:\Windows\SysWOW64, sehingga CT tidak merekomendasikan kamu untuk mencarinya di internet. Bisa saja file yang akan kamu download nanti sudah usang (tidak kompatibel) atau terinfeksi virus di dalamnya.
Nah, untuk itu kamu bisa melakukan troubleshooting dengan cara berikut :
  • Gunakan Windows Resource Protection Tool atau System File Checker (SFC) untuk memperbaiki file sistem yang hilang.
  • Update paket Microsoft Visual C++ Redistributable
  • Update juga paket Microsoft .NET Framework kamu
  • Instal ulang aplikasi error yang akan kamu jalankan
  • Minta vendor untuk menyediakan beberapa file DLL.
Itulah pengertian dan fungsi dari file DLL. Apakah artikel ini bermanfaat? Jangan lupa tinggalkan komentar ya..



Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

1 Response to "Apa itu file DLL? Mengenal File DLL lebih dalam"

  1. Terimakasih atas penjelasannya . sangat membantu. Jangan lupa mampir gan.

    BalasHapus