Apa yang terjadi jika komputer tidak pernah di Shutdown? Apakah cukup Hibernate dan Sleep?



Semua perangkat komputer/laptop yang biasa kita pakai saat ini sudah dilengkapi beberapa opsi jika sudah tidak digunakan. Seperti shutdown, sleep, dan hibernate mungkin sudah sering kita lihat pada operasi sistem. Bahkan beberapa OS juga ada yang menawarkan fitur canggih seperti hybrid sleep.

Apa yang terjadi jika komputer tidak pernah di Shutdown?

Sistem operasi modern kini sudah dirancang sedemikian rupa bahkan jika di ibaratkan mereka sudah seperti penambang. Mereka dapat bekerja seharian tanpa perlu di shutdown. Namun ada beberapa poin yang harus kamu ingat.

Dampak pada software :

Pada umumnya semua software akan menggunakan sistem caching untuk mempermudah kinerjanya. Nah, jika komputer/laptop kamu sudah terlalu banyak cache yang menumpuk, mungkin pilihan yang tepat adalah dengan reboot. Kecuali jika kamu mempunyai komputer dengan RAM yang cukup tinggi, kamu dapat memakainya dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa perlu di shutdown.

Lain halnya dengan komputer server. Pada umumnya server hanya digunakan untuk menjalankan beberapa program saja, tidak seperti komputer desktop yang dapat menjalankan beberapa program secara bersamaan. Akibatnya, komputer server bisa menjalankan program dalam jangka yang lebih lama, belum lagi server memang dirancang untuk bisa beroperasi 24 non stop.

Dampak pada hardware :


Sebuah komputer yang di jalankan secara terus menerus otomatis akan mengalami efek kepanasan. Mungkin pada beberapa operasi sistem (linux misalnya) tidak akan mengalami lag. Tapi perlu di ingat juga, jika hardware kamu mungkin akan "menderita". Jika sampai terjadi overheat, bukan tidak mungkin lho akan berefek pula pada papan rangkaian sirkuit kamu.

Lalu pilih mana? shutdown, hibernate, atau sleep?


Pada komputer modern mungkin dapat menjalankan program dalam beberapa waktu tanpa perlu di shutdown. Tapi tidak dapat dipungkiri juga jika sesekali komputer kamu harus di reboot untuk proses update.
 
Kesimpulan: kamu dapat memakai opsi sleep jika kamu membutuhkan komputermu on dalam beberapa jam kedepan. Tapi jika kamu tidak ingin boros baterai dengan sleep, kamu bisa menggunakan pilihan hibernate. Namun jika kamu tidak ingin menggunakan komputermu dalam beberapa hari kedepan, kamu bisa menggunakan opsi shutdown ( Hal ini berlaku juga jika kamu merasa komputer kamu mulai nge-lag).

 

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

0 Response to "Apa yang terjadi jika komputer tidak pernah di Shutdown? Apakah cukup Hibernate dan Sleep?"

Posting Komentar