Inilah Alasan Mengapa Restart Pada Komputer Itu Penting!


"Apakah komputer kamu sudah direstart?"

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat kamu bertanya pada seorang teknisi tentang permasalahan tentang komputer kamu. Nah, kali ini kita akan coba sedikit mengupas alasan mengapa pertanyaan ini sangat populer. Pertanyaan ini bukanlah hal yang hanya berhubungan dengan komputer dan laptop kita saja. Namun pertanyaan itu juga berlaku untuk smartphone, televisi, router, dan gadget elektronik lainnya. Saran sederhana ini begitu umum serta familiar sehingga dapat memberikan semacam sugesti bahwa masalah komputer mereka akan segera tuntas apabila melakukan restart.

Jadi, Sihir macam apakah Restart ini? Mengapa setiap ada permasalahan pada perangkat elektronik selalu dikasih saran restart?

Sebelum mencoba untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita bicara tentang apa hal-hal yang terjadi ketika sebuah komputer berjalan. Komputer bekerja dengan cara terdiri dari beberapa program yang berjalan bersama-sama, setiap program memiliki fungsi dan andil dalam melakukan tugasnya masing-masing, dari sini mungkin kamu akan terbayang jika komputer sebenarnya terdiri dari banyak program namun masih dalam satu kesatuan.

Seiring perkembangan jaman, kita tidak perlu lagi menutup/menonaktifkan komputer kitapada saat siang hari. Komputer masa kini telah dirancang sedemikian rupa sehingga tetap dapat tetap bekerja selama beberapa hari tanpa harus menonaktifkannya. Ketika sebuah program yang berbeda digunakan, program itu akan menggunakan RAM komputer kamu. Sistem operasi dari komputer kamu sendiri sebenarnya juga terus menggunakan RAM. Tapi, ketika sistem operasi mencapai keterbatasan hardware-nya, hal itu justru menyebabkan masalah. Hal ini seringkali dapat menyebabkan pembekuan program, sering crash, overheating, slugging kinerja, dll yang sering bikin pusing. Dan masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah hanya dengan restart yang amat sederhana.



 Ketika komputer sedang berjalan, semua program dan proses latar belakang akan meninggalkan sampah yang disebut dengan cache yang perlu dibersihkan. Dan terkadang, program tidak bisa menutup dirinya dengan benar sehinga kamu tidak dapat membuka kembali program tersebut (Nge-lag bahasa kasarnya). Nah, untuk membersihkan sampah-sampah tersebut solusinya adalah dengan melakukan restart. Dengan mematikan komputer, maka program macet itupun akan "dipaksa" untuk mati dan juga sampah-sampah file sementara itu pasti juga akan terhapus dengan sendirinya karena sampah tersebut tidak tersimpan di dalam hardisk.

Restart ternyata juga sangat berguna disaat PC kamu mendeteksi adanya kerusakan pada hardware atau driver. Situasi kritis ini biasanya disertai dengan "Blue Screen of Death" (ngeblank) dan beberapa kode kesalahan. Peringatan tersebut muncul dimana Windows tidak tahu bagaimana cara untuk menangani situasi dan memperbaiki kerusakan hardware tersebut. Maka, satu-satunya cara untuk mengembalikannya ke normal adalah dengan melakukan proses restart.

Singkatnya, restart dapat membantumu menghilangkan peringatan kode aneh yang muncul di dalam layar monitor kamu. Proses ini juga berlaku untuk program-program 3rd-parti seperti web browser. Misalnya, dari hari ke hari, Google Chrome terus mengkonsumsi lebih banyak dan makin banyak memori, maka secara tidak langsung Chrome akan membuat komputer kamu semakin lambat. Nah, solusinya, cukup dengan merestart Google Chrome.

Semua jenis perangkat elektronik memiliki semacam program atau sistem operasi yang berisi satu set instruksi. Sama seperti PC atau smartphone, kamera digital, router, TV, dll juga akan men-load default setting disaat kita mencabut perangkat tersebut lalu plug menghubungkan mereka kembali dngan sumber listrik.




Nah, dari sini pasti kamu sudah mulai paham mengapa restart itu penting. So, lain kali pada saat kamu diminta oleh teknisi untuk me-restart komputer Anda / smartphone, kamu ya jangan marah. Luangkan saja waktu dan pertimbangkan kemungkinan di atas dan mencobanya. Dan jika kamu sudah merestart perangkat kamu tetapi kamu tidak bisa menyelesaikan permasalahanmu, baru kamu bisa berkonsultasi kepada para teknisi yang sudah ahli untuk memecahkannya.

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

9 Responses to "Inilah Alasan Mengapa Restart Pada Komputer Itu Penting!"

  1. berarti beneran harus di restart donk

    BalasHapus
  2. Makan waktu, emang tidak ada cara lain mas

    BalasHapus
  3. Thanks dah share. Sudah ku coba, emg lama sich.

    BalasHapus
  4. Awalnya muncul gitu, takut pencet pencet klw ntar bikin terhapus kerjaan kita

    BalasHapus
  5. Klw ada pemberitahuan restart beberapa files apa d restart now atau jangan

    BalasHapus
  6. sekedar tambahan Restar pada ( Windows ) bkn hanya sekedar me Refresh ulang chache tetapi jga ( Terkadang ) mengembalikan Pengaturan Windows ke Default. yang kita tau sendiri kalau bagi user yang sering ngotak ngatik pengaturan Windows pasti bakal Kesel 😂

    BalasHapus
  7. Aku juga kadang kebingungan sendiri namun hal itu bisa di atasi untung koputerku memperingatkan ku untu me-restart

    BalasHapus