7 Cara Mudah Buka HP yang Lupa Kata Sandi



Mengunci smartphone menggunakan kata sandi merupaka suatu keharusan agar tidak di akses oleh tangan-tangan jahil. Ada beragam cara untuk membuat kata sandi pada ponsel android seperti pin, password, pola, atau bahkan memakai sensor fingerprint.

Tapi entah bagaimana jadinya jika pengguna lupa akan kata sandi yang telah di buatnya sendiri. Akibatnya, dia sendiri juga tidak dapat mengakses smartphonenya. Untuk itulah CT punya tips 7 Cara Mudah Buka HP yang Lupa Kata Sandi.

1. Pakai Android Device Manager

 

 

Cara pertama kamu bisa menggunakan layanan Android device manager. Caranya kamu dapat menggunakan komputer/laptop untuk mengakses layanan ini menggunakan browser kesayangan kamu. Pastikan pula kamu menggunakan akun google yang sama yang ada pada smartphone kamu dan juga smartphone kamu harus terhubung dengan internet.

Jika sudah layanan terbuka, maka kamu akan di hadapkan dengan 3 pilihan yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu kamu bisa pilih Kunci. Jika terdapat kesulitan maka kamu dapat merefresh halaman kamu.



Setelah menekan tombol kunci, maka kamu akan di suruh untuk mengganti kata sandi kamu yang akan menggantikan pin, password, atau pola yang kamu lupakan. Ketik kata sandi baru kamu lalu tekan Lock / Kunci. Tunggu setidaknya hingga 5 menit dan seharusnya kini kamu dapat menggunakan kata sandi baru di smartphone kamu.

 

2. Pakai Samsung Find My Mobile

 

Jika cara di atas tidak berhasil dan kebetulan kamu menggunakan hp merk Samsung, maka kamu dapat menggunakan layanan serupa seperti Android Device Manager tetapi milik samsung yang bernama Samsung Find My Mobile.

Caranya, kamu hanya perlu membuka Find My Mobile melalui browser kamu lalu kamu bisa login menggunakan akun samsung kamu.

Jika sudah login kamu bisa klik Lock my screen di panel sebelah kiri lalu masukkan kata sandi yang baru lalu tekan Lock. Tunggu satu atau 2 menit dan seharusnya sekarang kamu dapat membuka smartphone kamu dengan kata sandi yang baru.

NB: Cara ini hanya berlaku bagi kamu yang pernah mengatur akun samsung di smartphone kamu.

 

3. Gunakan Fitur Forgot pattern


Bagi kamu yang masih menggunakan android versi kitkat kebawah, kamu dapat menggunakan cara ini. Setelah 5 kali gagal dalam mencoba password maka seharusnya muncul tulisan "Coba lagi dalam 30 detik" lalu akan muncul juga fitur Forgot Pattern.



 Lalu kamu klik Forgot Pattern, setelah itu kamu bisa masuk menggunakan akun google dan biasanya akan di suruh untuk menjawab pertanyaan keamanan google. Kemudian, google akan mengirimkan kata sandi kamu atau kamu dapat mengubahnya saat itu juga.

 

4. Menggunakan ADB untuk Menghapus Password



Cara berikutnya kamu dapat menggunakan ADB untuk Menghapus Password pada smartphone kamu. Nah, bagi kamu yang biasa root atau Custom ROM pasti sudah gak asing lagi dengan yang satu ini.

Caranya, colokkan smartphone kamu ke komputer/laptop menggunakan kabel USB dan buka jendela Command Promp. Jika sudah terbuka, ketik perintah di bawah ini lalu tekan enter.

adb shell rm /data/system/gesture.key

Lalu reboot dan taraaa, smartphone kamu tidak akan meminta kata sandi lagi.

NB: Cara ini hanya dapat di gunakan jika kamu mengaktifkan fitur USB Debugging. Setelah berhasil, maka kamu harus mengganti kata sandi kamu karena fitur ini akan hilang jika kamu me-reboot kembali smartphone kamu.

5. Pakai Safe Mode



Terkadang, salah satu penyebab kamu lupa kata sandi adalah karena menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi pengaman lockscreen.Nah, jika permasalahannya demikian maka kamu bisa menggunakan safe mode untuk mengembalikan akses smartphone kamu.

Caranya kamu perlu boot untuk masuk ke safe mode. Jika kamu berhasil, maka seharusnya kunci layar kamu akan nonaktif untuk sementara waktu. Lalu kamu dapat uninstal aplikasi pihak ketiga tersebut lalu reboot untuk keluar dari fitur safe mode.

NB: Kamu dapat browsing untuk menemukan kombinasi key untuk masuk ke safe mode karena setiap merk mempunyai cara yang tidak sama.

 

6. Buat Crash Pada Lockscreen

 



Cara ini sebenarnya menggunakan bug yang terdapat pada Android 5.0-5.1.1 Lollipop. Pertama tekan panggilan darurat pada layar kunci. Kemudian pada dialer, masukkan 10 tanda bintang. Kemudian ketuk dua kali untuk menyorot teks yang kamu masukkan dan pilih copy. Ulangi lagi lalu paste di situ sehingga jumlah karakter bintangnya menjadi dua kali lipat. Ulangi proses ini, copy dan paste untuk menambahkan lebih banyak karakter sampai pada batasnya.



Selanjutnya, kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Dari sini, tarik jendela notifikasi dan tekan ikon Settings, maka kamu akan diminta untuk memasukkan password. Tekan lama di kolom input dan pilih paste. Kemudian ulangi proses ini beberapa kali sehingga kunci layar akan crash dan memungkinkan kamu untuk mengakses seluruh antarmuka smartphone.


7. Melakukan Factory Reset

 



Jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil maka satu-satunya jalan adalah dengan mengunakan Factory Reset. Itu artinya kamu harus merelakan semua aplikasi yang terinstal di dalamnya akan ludes hilang tak berbekas.

Nah untuk melakukannya, kamu bisa browsing tentang key yang cocok dengan merk/type pada smartphone kamu. Cara yang paling umum adalah dengan cara mematikan smartphone kamu lalu tekan tombol power dan volume down secara bersamaan.

Kemudian kamu dapat memilih opsi Wipe Data/Factory Reset dengan cara menggunakan tombol volume untuk memilih. Jika sudah tekan tombol power untuk OK. Jika proses sudah selesai, kamu dapat memilih Reboot system now dan smartphone kamu akan tampil seperti baru lagi.

Itulah 7 Cara Mudah Buka HP yang Lupa Kata Sandi. Memang dalam android sendiri tidak ada aturan baku dan ada banyak cara untuk melakukannya. Atau kamu punya cara lain yang lebih ampuh? silahkan komentar di bawah ya..

Masih bingung mau baca dari mana? Biarkan CT merekomendasikan artikel teknologi terbaru untukmu!

1 Response to "7 Cara Mudah Buka HP yang Lupa Kata Sandi"